Penyebab Utama Diabetes



Walaupun penyakit diabetes atau yang kita kenal dengan kencing manis telah lama diketahui bahkan sejak 1500 SM, sampai saat ini ternyata masih banyak orang yang tidak memahami penyakit tersebut sepenuhnya. Adapun salah satunya adalah anggapan bahwa penyakit diabetes pasti disebabkan karena terlalu gemarnya mengonsumsi makanan manis.


Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya tepat. Penyakit Diabetes Bisa Dipicu Akibat Kurangnya Gerak

Diabetes melitus merupakan penyakit yang ditandai oleh kadar gula dalam darah yang tinggi. Ini terjadi karena tubuh kekurangan hormon insulin. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pankreas dan dibutuhkan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Seorang dokter yang bernama dr Rochismandoko, Sp PD mengatakan bahwa gaya hidup kurang gerak adalah faktor utama yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Ia menjelaskan bahwa pola makan yang salah, terlalu banyak duduk, dan kurangnya olahraga merupakan pemicu terjadinya penyakit ini. Nafsu makan yang tinggi ditambah kurangnya aktivitas fisik pada akhirnya bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan yang merupakan salah satu pemicu diabetes.

Walaupun makanan manis bukan merupakan penyebab diabetes, pengaturan pola makan adalah pilar terpenting untuk mengendalikan penyakit ini. Setiap penderita diabetes harus mau belajar mengetahui ragam makanan yang dapat menyebabkan naiknya gula darah dan berusaha menghindarinya.

Pengaturan makan tersebut ditujukan agar penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi berbagai ragam makanan yang menawarkan sejumlah nutrisi penting namun kebutuhannya sesuai, sehingga insulin dalam tubuh mencukupi.

Para penderita diabetes dapat mengonsumsi makanan yang sama seperti orang lain pada umumnya, namun tetap harus mengawasi jumlahnya. Apabila kadar gula darah sudah terlalu tinggi, maka tidak hanya makanan manis saja yang harus dihindari, namun terkadang juga garam dan lemak.

Semoga bermanfaat...

Comments