9 Manfaat Buah Kersen


Orang mengenal tanaman ini sebagai tanaman liar dengan akar yang kuat sehingga banyak membuat kerusakan khususnya bangunan disekitar tanaman ini tapi tahukan anda bahwa buah dari tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain dikenal dengan nama buah Kersen, buah ini juga sering disebut sebagai buah Talok, Masyarakat lain menyebut buah ini dengan nama buah keres, seri, ceri-cerian dan lainnya.

Selain bentuknya yang kecil dengan rasa manis pada saat matang, daya tarik buah ini adalah karena warna buahnya pada saat matang yaitu berwarna merah terang sehingga menimbulkan selera untuk mengambilnya. Walaupun dianggap sebagai tanaman dan buah liar, ternyata kersen mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Di dalam buah kersen terdapat kandungan nutrisi berupa kadar air, serat, vitamin A, vitamin C, batakaroten, riboflavin, niacin, tianin, kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, abu, zat besi, flavonoid dan buah kersen juga mempunyai sifat anti-kanker, anti-septik dan anti-inflamasi.


Untuk itu sangat disayangkan jika kita tidak mengetahui akan manfaat dari tanaman dan buah liar yang satu ini. yaitu antara lain :

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Buah ini memiliki sumber nutrisi yang berperan untuk melindungi miokardium yang berakibat pada penurunan signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim. Dengan kata lain, kandungan di dalam buah kersen mempunyai kemampuan untuk mencegah terjadinya kebocoran enzim sehingga berguna untuk melindungi organ jantung.

2. Mengobati Penyakit Asam Urat
Kandungan senyawa dan zat-zat aktif yang dapat digunakan mengobati penyakit asam urat jika dikonsumsi secara teratur.

3. Meringankan Kram Perut
Sifat anti-septik dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh buah ini dapat digunakan untuk meringankan dan mengobati kram perut.

4. Mencegah Penyakit Kanker
Berkat sifat anti-kanker yang dimiliki oleh buah kersen sudah dapat dipastikan bahwa buah ini juga mempunyai kemampuan untuk mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

5. Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia
Di dalam buah kersen terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi tersebut dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Kandungan zat besi tersebut mempunyai kemampuan untuk membantu proses produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan antioksidan yang terdiri dari vitamin C dan flavonoid mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat terhindar gangguan penyakit akibat infeksi kuman, virus maupun bakteri.

7. Menyehatkan Organ Pencernaan
Buah kersen mempunyai kandungan serat pangan yang melimpah. Kandungan serat pangan tersebut berguna untuk menyehatkan organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus, sehingga tubuh dapat terhindari dari masalah gangguan pencernaan.


8. Meredakan Nyeri Rematik
Dengan adanya sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang dimiliki oleh buah kersen dapat digunakan untuk meredakan nyeri rematik dan rasa nyeri pada bagian tubuh lainnya, seperti nyeri otot, nyeri pada bagian persendian hingga nyeri haid.

9. Mencegah Dehidrasi
Buah kersen mempunyai kadar air yang cukup tinggi, sehingga ketika dikonsumsi dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi merupakan sebutan yang digunakan untuk tubuh yang kekurangan asupan cairan.

Semoga bermanfaat

Comments